God Bless Indonesia.. I Love Indonesia

Tips dan Trik Psikotes

21. Feb, 2011

karena saya sering gagal dengan psikotes, ni saya kasi referensi tes2 dalam psikotes yang biasa dipake buat nilai kepibadian temen-temen dan sering jadi tes sebelum masuk perusahaan-perusahaan besar. supaya temen2 bisa lebih kenal dengan tes-tes kaya giini dimasa depan nanti..mudah2an berguna. Amin

Kostick PAPI

Apakah anda seorang karyawan? ataukah anda seorang pelamar kerja pada suatu perusahaan/instansi. Biasanya seorang karyawan atau calon karyawan pada suatu tes “Psikotes” ada suatu tes yang dinamakan Kostick PAPI. Dalam hal seorang karyawan/pegawai suatu perusahaan/instansi biasanya tes ini dilakukan untuk seseorang yang akan mendapat suatu promosi atau mutasi. PAPI ™ (Personality and Preference Inventory) merupakan tes psokologi yang sangat sederhana namun terbukti secara ilmiah penilaian kepribadian yang membantu perusahaan/instansi yang berniat untuk merekrut atau untuk menilai perilaku dan pilihan gaya kerja dari calon pejabat dan/atau karyawannya. Kostick PAPI ini merupakan salah satu alat test psikologi untuk membantu Anda memberikan umpan balik yang berhubungan dengan pekerjaan, seleksi, konseling dan kesiapan promosi. Dalam tes ini biasanya berisi 90 pasangan pertanyaan yang dikelompokkan ke dalam 7 bidang yaitu :

• Leadership
• Activity
• Social Nature
• Workstyle
• Temperament
• Fellowship
• Work Direction
Papi Kostick Software menghasilkan report secara langsung berisi grafik, gambaran umum tentang 7 bidang diatas, dinamika kepribadian dan saran pengembangan.

Awalnya dikembangkan oleh Dr Max Kostick pada awal 1960-an, PAPI sekarang digunakan oleh lebih dari 1000 organisasi di seluruh dunia. Lalu, bagaimanakah cara kerja Kostick PAPI ini?

PAPI membahas berbagai dimensi kepribadian. Dimensi ini terbagi antara skala “Role” dan “Need”. Skala Role mengukur persepsi individu terhadap dirinya dalam lingkungan kerja dan melihat area-area seperti kepemimpinan, gaya kerja dan perencanaan. Skala Need yaitu menyelidiki lebih mendalam kecenderungan inheren dari perilaku individu seperti perlu menjadi bagian dari kelompok-kelompok, kebutuhan untuk diperhatikan dan kebutuhan untuk mendukungnya.

PAPI telah digunakan di seluruh dunia selama lebih dari 30 tahun dan saat ini digunakan oleh lebih dari 5000 profesional di seluruh dunia. Kuisener PAPI telah diterjemahkan lebih dari 25 bahasa dari berbagai negara yang berbeda namun demikian, hal tersebut dimungkinkan perusahaan multi-nasional dapat mengembangkan penilaian umum bahasa dan menerapkan standar penilaian yang konsisten dimanapun mereka melakukan bisnisnya. Lebih lengkapnya lagi coba ke http://en.wikipedia.org/wiki/Personality_and_Preference_Inventory

Contoh Lembar Jawaban Tes Kostick PAPI


Tes Gambar (WARTEGG)

Tes ini ditemukan oleh Ernst von Hesse. Tes menggambar wartegg ini tidak memerlukan kemampuan menggambar, melainkan hal ini hanya suatu cara bagi seorang penguji/psikolog untuk mengetahui kepribadian anda dari cara menggambar dan apa yang anda gambar. Berikut Rahasianya :

Tes Wartegg mengharuskan peserta untuk melengkapi gambar yang terdiri dari 8 gambar, 4 diantaranya berupa garis lurus (Gambar III, IV, V, dan VI) dan empat lainnya berupa garis lengkung (Gambar I, II, VII, VIII). Yang perlu anda ingat adalah untuk garis lengkung sebaiknya anda menggambar benda hidup dan untuk garis lurus yang kaku sebaiknya anda menggambar benda mati. Jika anda menggambar terbalik, misal garis lurus digambar dengan bunga, hewan dan sebagainya atau garis lengkung digambar dengan mobil, mesin dan sebagainya, hal ini menandakan “ada yang salah” dengan jiwa atau kepribadian anda.

Selanjutnya dari cara menggambar pun bisa kelihatan kepribadian seseorang misal : jika saat mengambar anda terlalu sering menghapus atau kotor menandakan bahwa anda adalah orang yang peragu atau tidak terencana dan jika anda menggambar terlalu kuat untuk garis yang seharusnya lembut berarti anda termasuk orang yang keras kepala.

Apa yang anda gambarpun juga menunjukan kepribadian atau kemampuan IQ anda. Jika anda menggambar sesuatu yang “biasa saja dan umum” tentu penilaian tingkat kecerdasannya akan berbeda dibanding jika anda menggambar “sesuatu yang tidak terpikirkan oleh orang lain dan berwawasan”

Namun demikian, tes psiko hanyalah merupakan suatu alat buatan manusia untuk mengetahui kepribadian seseorang secara umum saja. Kesimpulan yang dihasilkannya boleh jadi berbeda dengan kepribadian yang sesungguhnya. Hal ini diakui oleh para psikolog sendiri bahwa tidak ada satu pun tes di jagad raya ini yang benar-benar akurat dapat menilai kemampuan dan kepribadian seseorang.

Isi dari masing2 gambar :
gbr 1. berupa titik ditengah kotak : ini menyangkut hal2 yg berhubungan dengan penyesuaian diri yaitu bagaimana seseorang menempatkan diri dlm lingkungan
gbr 2. berupa ~ tp berada di kotak sebelah kiri : menunjukkan fleksibilitas perasaan.
gbr 3. berupa 3 garis horisontal dr pendek, sedang tinggi sejajar: mengukur hasrat untuk maju/ ambisi
gbr 4. berupa kotak kecil di sebelah kanan : mengukur bagaimana seseorang mengatasi kesulitan
gbr 5. seperti huruf T tp miring (susah gambarin nya) : mengukur bagaimana cara bertindak.
gbr 6. berupa garis horisontal & vertikal : mengukur cara berpikir / analisa & sintesa
gbr 7. berupa titik2 : menyangkut kehidupan dan perasaan ( apakah sudah stabil, kekanakan)
gbr 8. berupa lengkungan : mengenai kehidupan sosial/ hubungan social


KRAEPELIN-PAULI

Kraepelin-Pauli. Salah satu tes psiko yang paling menyebalkan adalah tes ini. Kalau anda pernah mengikuti tes ini pasti sangat menguras energi, ketegangan bahkan bisa menyebabkan mual. Sebaiknya siapkan fisik dan mental anda sebelum mengikuti tes seperti ini. Perbanyak istirahat pada malam harinya. Jangan bagadang. Pada saat tes ada baiknya sambil mengunyah permen yang manis, karena rasa manis (glukosa) bisa membantu memberikan energi.
Tes ini berupa kolom-kolom angka yg sangat banyak. Kira-kira lembar soal dan jawaban tesnya seukuran kertas koran yang berisi angka-angka pada semua halamannya (bolak-balik). Biasanya disuruh menjumlahkan angka dari atas kebawah atau sebaliknya, dari bawah keatas, lalu menuliskan hasilnya di antara angka tersebut. Angkanya antara 0-9 dan bila hasilnya > 9 hanya ditulis digit belakang aja.  Dengarkanlah instruksi dari pemberi/pemandu tes ini untuk “menggaris” pada saat kita menjumlahkan.
Penjumlahan seperti ini kelihatan cukup sederhana akan tetapi karena sangat banyak dan harus cepat sehingga dibutuhkan konsentrasi yang baik.  Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tes ini biasanya selama 1 jam bahkan lebih. Tujuan pemberian tes ini adalah ingin melihat konsistensi, konsentrasi , keakuratan dan kemampuan bertahan dalam tekanan.

Cara menjumlahkan yaitu : yang kiri yg di tambahkan, yangg menjorok ke kanan hasilnya.
Sebagai contoh, penjumlahan dari bawah
1 + 8 = 9
8 + 0 = 8
0 + 9 = 9
9 + 9 = 8 (dari hasil 18)
9 + 4 = 3
0 + 9 = 9
dst…

Categories: General

2 Responses

  1. lintong siahaan 03. Mar, 2011

    Pak….mo tanya apa punya sofware tentang :

    1. Test PAPI KOSTICK
    2. Test Gambar (Wartegg)
    3. Test Korasn (RAEPELIN-PAULI)

    kalau ada tolong beritahu saya. saya sangat membutuhkan sekali.

    Trima kasih

    Lintong P. Siahaan

    Email : frederick_aless@yahoo.com
    HP : 0819818444

    • saumaganteng 09. Mar, 2011

      Ga perlu manggil saya pak, saya masi muda loh,,hahaha

      maap bgt sob, saya ga punya software nya, tp kalo boleh saran, sebenernya tes psikotes diatas itu ga perlu dipelajarin. karena pada dasarnya itu cukup mudah, selama mas ga bodoh2 amat saya yakin mas bisa menjawabnya. Pada dasarnya papi kostik itu cuma buat ngetes kepribadian mas sperti apa, jadi jawab aja apa adanya.
      tapi khusus untuk papi kostik tipsnya yaitu mas mesti tahu dulu bidang pekerjaan yg mas lamar itu seperti apa, kalo bidang yang dibelakang meja saja,kalo ada pertanyaan mas suka bekerja berjam-jam ato menjalin hubungan akrab yah otomatis mas mesti jawab yg suka bkerja berjam-jam. dan kalo pekerjaannya adalah tipe pekerjaan yang berhunungan dgn banyak orang seperti marketing, yah mas mesti menjawab sebaliknya.

      Hal diatas itu cuma secuil trik dalam menjawab pertanyaan papi kostik, intinya yah pinter-pinter nya mas dalam menjawab hal yang kira-kira sesuai dengan kepribadian yang dibutuhkan untuk bidang pekerjaan yang mas lamar. kalo untuk gambar dan tambah2an yah itu cuma pengetahuan dasar aja kok. kalo tambah2an itu berguna buat menilai mas mampu ga bekerja dalam tekanan dan hasilnya tetap baik. Sedangkan warteg test mas cukup ikutin gambar yang diatas saja, dijamin gambar yang diatas itu cukup baik kok buat jawaban tes ini..hehehe

      Good luck buat tes nya yahh..


Leave a Reply